Selasa, 20 Desember 2011

Festival Anak Sholeh, sebuah langkah kecil kami untuk Indonesia



Festival Anak Sholeh (FAS) 2011 yang diselenggarakan oleh mahasiswa Universitas Indonesia penerima beastudi Etos Jakarta sukses digelar pada hari Sabtu, 17 Desember 2011 di Fakultas Teknik UI Depok. Acara yang mengusung tema “Berani menjadi Juara” ini dihadiri oleh walikota Depok Dr. Nurmahmudi yang sekaligus meresmikan pembukaan FAS 2011, wakil dari Dinas Pendidikan bagian PAUD serta Koordinator Nasional Beatudi Etos Romi Ardiansyah. Acara ini merupakan acara tahunan berupa perlombaan bagi siswa-siswi TK sampai SD kelas 6. Jenis lomba yang diadakan dalam FAS tahun ini adalah lomba mewarnai, fashion show busana muslim, membaca puisi, adzan dan tahfidzul qur’an untuk kategori TK, SD kelas 1, 2 dan 3 serta lomba  Mutsabaqoh Tilawatil Quran, menulis surat cinta untuk Rasulullah, da’i cilik, Lomba Cerdas-Cermat dan mendongeng untuk kategori SD kelas 4, 5 dan 6.
          Acara ini dimeriahkan dengan penampilan dari penyanyi cilik Jegesya, da’i cilik asal Bandung Muthmainnah Fitria Az Zahra, marawis dari sekolah Master (Masjid Terminal) Depok, penampilan dongeng dari mahasiswa FIB, Viktor dkk serta penampilan sulap edukasi dari Rio Febrian. Acara yang berlangsung pukul 07.00 sampai 15,00 ini dihadiri lebih dari 700 siswa TK dan SD yang begitu antusias mengikuti jalannya acara. Biaya registrasi sebesar 10 ribu rupiah tiap lomba tidak membuat siswa siswi TK dan SD se kota Depok berkeberatan untuk mengikuti acara ini karena setiap peserta memperoleh sertifikat, makanan ringan dan souvenir. Sebagai bentuk kepedulian sosial kami, beberapa sekolah dibebaskan dari biaya registrasi karena tingkat perekonomian keluarga murid-muridnya yang rendah.
Acara ini disponsori oleh pegadaian syariah, hones tea, majelis ta’lim telkomsel dan Margo digital. Sebagai acara tahunan penerima beatudi Etos regional Jakarta, FAS tahun ini memberikan lebih banyak hadiah bagi juara-juara di setiap perlombaan yakni piala untuk juara pertama, kedua dan ketiga serta uang pembinaan senilai total 3 juta rupiah. Sementara bagi sekolah yang memperoleh piala terbanyak dinobatkan sebagai juara umum dan berhak memperoleh piala bergilir dari walikota Depok. Juara  umum FAS 2011 adalah SDN Srengseng Sawah 11 pagi yang mengirimkan 42 siswa perwakilan sekolah dan memperoleh 9 piala dari 10 kategori lomba.
Seluruh rangkaian acara ini bukan sekadar acara hiburan ataupun kompetisi merebut hadiah melainkan sebuah acara yang bertujuan untuk membentuk generasi cilik yang cerdas dan sholeh dengan memacu kreativitas anak-anak, meningkatkan kebanggan peserta sebagai seorang muslim, menambah pengetahuan peserta tentang Islam, menggali potensi yang dimiliki peserta, serta meningkatkan kepercayaan diri peserta untuk menunjukkan kemampuannya, sebuah langkah kecil kami untuk berkontribusi mewujudkan generasi Indonesia cerdas dan berbudi pekerti luhur sebagai investasi yang akan mengubah keadaan bangsa Indonesia menjadi lebih baik.






                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar